Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Keunikan Rumah Adat Bale Tani Suku Sasak di Desa Sade Lombok Nusa Tenggara Barat

Keunikan-Rumah-Adat-Bale-Tani-Suku-Sasak-di-Desa-Sade-Lombok-Nusa-Tenggara-Barat
Keunikan Rumah Adat Bale Tani Suku Sasak di Desa Sade Lombok Nusa Tenggara Barat  

Rumah Adat Nusa Tenggara Barat - Pulau Lombok adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelah barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa .
Pulau lombok terkenal dengan keindahan pantainya yang banyak menyimpan kekayaan budaya dan adat istiadat yang masih dijalankan hingga saat ini.

Salah satunya adalah Rumah Adat Suku Sasak di Desa Sade Lombok disebut sebagai Bale Tani.
Rumah Adat Bale Tani suku sasak tersebut memiliki keunikan dalam pembuatannya.

Desa Sade Lombok Pulau Lombok memiliki kekayaan budaya tradisional yang sangat beraneka ragam. Salah satu dari kekayaan budaya tradisional yang terdapat di Pulau Lombok ini adalah Desa Sade, yakni Desa Tradisional Sasak (suku asli Pulau Lombok). Atau sebuah perkampungan suku Sasak asli yang masih mempertahankan dan menjaga keaslian kebudayaan Sasak lama, sejak zaman pemerintahan Kerajaan Pejanggik di Praya, Kabupaten Lombok Tengah sampai sekarang. Desa Sade ini berada di Kecamatan Pujut, yang terletak di wilayah bagian selatan Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Rumah adat Lombok

Bangunan tradisional khas asak yang dapat Anda temui di perkampungan atau desa sade ini, terdiri dari 2 jenis yaitu Bale Tani dan juga Lumbung. Untuk Bale Tani adalah bangunan yang banyak dipergunakan sebagai tempat tinggal mereka, dan untuk lumbung sendiri adalah bangunan yang biasanya digunakan sebagai salah satu tempat menyimpan padi atau semua hasil panen mereka.

Rumah adat suku Sasak yang disebut Bale Tani, terbuat dari kayu dengan dinding – dinding yang terbuat dari anyaman bambu dan beratapkan daun alang – alang kering. Lantai dari Bale Tani ini adalah campuran tanah, getah pohon dan abu jerami yang kemudian diolesi dengan kotoran kerbau.

Bale Tani terbagi menjadi dua bagian yaitu Bale Dalam dan Bale Luar, ruangan Bale Dalam biasanya diperuntukkan untuk anggota keluarga wanita, yang sekaligus merangkap sebagai dapur. Sedangkan ruangan Bale Luar diperuntukkan untuk anggota keluarga lainnya, dan juga berfungsi sebagai ruang tamu.

Antara Bale Dalam dan Bale Luar ini dipisahkan dengan pintu geser dan anak tangga. Di dalam ruangan Bale Dalam ini, terdapat dua buah tungku yang menyatu dengan lantai terbuat dari tanah liat yang digunakan untuk memasak. Masyarakat di perkampungan Desa Sade Lombok ini biasanya memasak dengan menggunakan kayu sebagai bahan bakarnya. Bale Dalam ini tidak memiliki jendela dan hanya memiliki satu buah pintu sebagai jalan untuk keluar-masuk yang hanya terletak di bagian depan Bale.

Selain bale dalam dan bale luar, pemukiman Suku Sasak juga memiliki tempat bernama Berugak. Berugak biasanya berdiri di depan samping kiri atau samping kanan bale tani.

Kamu tak akan menemukan dinding pada bagian berugak. Berugak merupakan sebuah bangunan berbentuk panggung yang disangga oleh 4 tiang (sekapat) atau 6 tiang (sekenem).

Berugak bisa dikatakan sebagai aula rumah. Berugak digunakan untuk menerima tamu, tempat untuk berkumpul dan berbincang santai setelah bekerja, atau pertemuan internal keluarga.

Mata pencaharian penduduk di Desa Sade Lombok Tengah ini adalah bertani dan pekerjaan menenun adalah pekerjaan sambilan kaum wanita, setelah selesai bekerja di sawah. Mereka menenun dengan hanya mengunakan alat tenun tradisional yang sangat sederhana. Hasil tenunan mereka sangat beraneka ragam seperti, taplak meja, kain sarung, kain songket, selendang, dan lain-lain.

Suku Sasak hidup dengan kesederhanaan dan kekeluargaan dalam hidup tapi pada kenyataannya masyarakat Suku Sasak bahagia dengan kesederhanaan tanpa perlu memikirkan permasalahan hidup yang rumit seperti saat ini.

Demikian Keunikan Rumah Adat Bale Tani Suku Sasak di Desa Sade Lombok Nusa Tenggara , semoga informasi seputar Rumah Adat Lombok Nusa Tenggara Barat ini bermanfaat, jangan lupa share di google plus dan berkomentar dan berkunjung kembali