Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-Macam Jenis Alat Musik Tradisional Daerah Jawa Timur

Macam-Macam-Alat-Musik-Tradisional-Daerah-Jawa-Timur
Macam-Macam Jenis Alat Musik Tradisional Daerah Jawa Timur Macam-Macam-Alat-Musik-Tradisional-Daerah-Jawa-Timur

Alat Musik Tradisional Daerah Jawa Timur - Jawa Timur  adalah sebuah provinsi di bagian timur Pulau Jawa, Indonesia. Ibu kotanya terletak di Surabaya.

Kebudayaan dan adat istiadat Suku Jawa di Jawa Timur bagian barat menerima banyak pengaruh dari Jawa Tengah, sehingga kawasan ini dikenal sebagai Mataram; menunjukkan bahwa kawasan tersebut dulunya merupakan daerah kekuasaan Kesultanan Mataram.

Macam-Macam Alat Musik Tradisional Provinsi Jawa Timur (Jatim) meliputi:

Angklung Reog

Angklung Reog merupakan alat musik untuk mengiringi tarian reog ponorogo di Jawa Timur. Angklung Reog ini memiliki kekhasan dari segi suara yang sangat keras, memiliki dua nada serta bentuk lengkungan rotan dibagian atas yang menarik dengan hiasan benang berumbai-rumbai warna yang indah. Aksesoris dan pernik warna warni membuat lebih menarik dan senada dengan pakaian para penari reog ponorogo.

Alat musik ini dibunyikan dengan cara membenturkan antara bambu dengan cuthik yang berfungsi sebagai resonator. Angklung Ponorogo berbeda dengan angklung lainnya. Angklung Ponorogo memiliki khas hiasan warna dominan merah dan kuning sebagai warna khas reog Ponorogo.

Cara Memainkan Angklung Reog

Bagi Anda yang ingin belajar memainkan alat musik Angklung Reog, simak ulasannya berikut ini.
– Cara dikenal sebagai yang utama, yaitu dengan memegang ujung bambu pada angklung seperti memegang pistol.

– Ada juga cara memegang leher dan pinggul angklung (seperti memegang kuda kepang), sebagaimana angklung dimainkan namun pada cara ini lebih di hentakan.

– Hampir sama dengan cara yang sudah disinggung diatas, tetapi di butuhkan gerakan tangan dari kanan ke kiri sehingga menimbulkan suara yang lebih panjang, biasanya untuk penutupan pertunjukan reyog atau potrojayan.

Perlu diingat, dalam memainkan angklung tidak boleh asal, harus dimainkan dengan cara teratur dan serempak. Pada Angklung bernada tinggi mengikuti bunyi gong dan Angklung bernada rendah mengikuti suara Kenong, selanjutnya suara Angklung akan di ikuti suara para senggak.


Saronen

Saronen adalah merupakan alat musik dan sekaligus nama kesenian yang berasal dari Madura Jawa Timur. Saronen berasal dari bahasa Madura " sennenan " ( Hari Senin ).

Sebagai alat musik - Saronen merupakan alat musik tiup berbentuk kerucut, terbuat dari kayu jati dengan enam lobang berderet di depan dan satu lubang di belakang. Sebuah gelang kecil dari kuningan mengaitkan bagian bawah dengan bagian atas ujungnya terbuat dari daun siwalan .

Pada pangkal atas musik itu ditambah sebuah sayap dari tempurung menyerupai kumis.

Sebagai kesenian - Kesenian musik saronen menggunakan 9 alat musik yang terdiri dari 1 saronen, 1 gong besar, 1 kempul, 1 kenong besar, 1 kenong tengahan, 1 kenong kecil, 1 korca, 1 gendang besar, 1 gendang dik-gudik ( gendang kecil ).


Terompet Reog

Terompet reog ini dikenal berasal dari daerah Ponorogo Jawa Timur. Seperti namanya, terompet Reog adalah sebuah alat musik tradisional Jawa Timur yang dimainkan dengan cara ditiup yang digunakan untuk mengiringi kesenian reog di Jawa Timur.

Terompet reog digunakan pada kesenian reog ponorogo. Terompet reog terbuat dari kayu dan bambu serta tempurung kelapa, dibunyikan dengan cara ditiup. Bentuk terompet reog sangat unik dengan ukuran besar diujung bawah dan mengerucut mengecil dibagian yang ditiup serta ada sekat yang terbuat dari tempurung kelapa dengan bentuk menyerupai kumis sang peniup terompet reog. Terompet reog memiliki 6 lubang yang berfungsi untuk mengatur nada serta 1 lubang dipangkal untuk meniup.

Gamelan

Alat musik ini adalah salah satu alat musik yang banyak peminatnya, dalam ruang lingkup manca negara atau dalam negeri sendiri.

Gamelan dimainkan dengan cara berbeda-beda, disesuaikan dengan bentuk gamela itu sendiri. Singkatnya, cara memainkannya alat musik tersebut terbagi dalam empat kelompok

1. Idiophones adalah instrumen yang cara memainkannya dengan ditabuh atau dipukul dengan alat pukul. Gamelan yang cara memainkannya dengan ditabuh adalah semua gamelan yang berbentuk pencon (pencu) dan bilahan.

2. Chordophones adalah instrumen yang terbuat dari kawat dan cara memainkannya dengan digesek. Contohnyaa rebab, siter, dan celempung.

3. Aerophones adalah instrumen yang cara memainkannua ditiup. Contohnya seruling.

4 Membranophones adalah instrumen yang terbuat dari kulit binatang dan cara memainkannya dengan ditabuh, contohnya gendang, bedug, dan rebana.

Bonang

Alat musik tradisional Bonang juga dimainkan dengan cara dipukul atau ditabuh.
Pada bagian atasnya yang menonjol atau disebut dengan pencu (pencon) dengan menggunakan dua pemukul khusus yang terbuat dari tongkat berlapis yang disebut dengan sebutan bindhi.
Bonang terbagi menjadi dua yaitu Bonang barung dan Bonang penerus.

Demikianlah Macam-Macam Alat Musik Tradisional Daerah Jawa Timur