Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

20 Tempat Wisata gorontalo terkenal terbaik yang wajib dikunjungi di Gorontalo

20-Tempat-Wisata-gorontalo-terkenal-terbaik-yang-wajib-dikunjungi-di-Gorontalo
20 Tempat Wisata gorontalo terkenal terbaik yang wajib dikunjungi di Gorontalo  20-Tempat-Wisata-gorontalo-terkenal-terbaik-yang-wajib-dikunjungi-di-Gorontalo

Tempat Wisata Gorontalo - Gorontalo adalah provinsi yang terkenal pula dengan berbagai  julukan diantaranya Bumi Serambi Madinah", "Bumi Para Sastrawan"', "Bumi Maleo", "Provinsi Agropolitan"', "The Hidden Paradise" , "Bumi 1001 Sultan". Provinsi Gorontalo terletak pada Semenanjung Gorontalo (Gorontalo Peninsula) di Pulau Sulawesi, tepatnya di bagian barat dari Provinsi Sulawesi

Provinsi Gorontalo dihuni oleh ragam Etnis yang berbentuk Pohala'a (Keluarga), di antaranya Pohala'a Gorontalo (Etnis Hulontalo), Pohala'a Suwawa (Etnis Suwawa/Tuwawa), Pohala'a Limboto (Etnis Limutu), Pohala'a Bolango (Etnis Bulango/Bolango) dan Pohala'a Atinggola (Etnis Atinggola) yang seluruhnya dikategorikan kedalam suku Gorontalo atau Suku Hulontalo

Letak Gorontalo Amat strategis bila dipandang secara ekonomis, lantaran berada pada poros tengah wilayah pertumbuhan ekonomi, yakni antara 2 Daerah Ekonomi Terpadu Batui Provinsi Sulawesi Tengah serta Manado - Bitung Provinsi Sulawesi Utara.

Lantaran kondisi geografis Gorontalo laut serta perbukitan, membuat Gorontalo menyimpan beberapa destinasi wisata alam yng cukup indah. Destinasi alam yang telah di sebutkan dipadukan yang dengannya keindahan rumah Istiadat Gorontalo, peninggalan sejarah Limboto Otanaha, dan juga lain-lainya membuat Gorontalo menjdai tujuan wisata yng komplit serta menyenangkan.

Sebagai daerah Adat, Gorontalo pun memiliki Seni bela diri tradisional yang bernama "Langga" atau bisa disebut pula dengan nama Silat Gorontalo. Pada dasarnya Langga merupakan seni bela diri sejenis Silat yang dikenal sebagai salah satu kekayaan budaya Gorontalo. Langga adalah seni bela diri yang mengandalkan pertahanan serta kekuatan tangan dan kaki.

Selain adat istiadat dan keragaman budaya gorontalo memiliki kekayaan wisata alamnya yng beraneka jenis. Ada beberapa tempat wisata yng wajib dikunjungi sebgau destinasi wisata saat liburan panjang bareng keluarga . Berikut adalah 20 Tempat Wisata di Gorontalo

1. Tempat Wisata Bukit Layang Gorontalo

Bukit layang adalah sebuah bukit di pinggiran kota Gorontalo yng akan memperlihatkan kepada Kamu betapa indahnya kota Gorontalo dar ketinggian. Terdapat atau terletak di Kecamatan Hulonthalangi Kelurahan Siendeng, bukit ini memberikan kenyamanan serta ketenangan bagi Kamu. Lelah Kamu akan terbayar yang dengannya pemandangan yng menakjubkan dari bukit ini.

Selain itu, Melihat pemandangan kota yng indah dari ketinggian sungguh Amat asyik serta tentu membuat kamu ketagihan. Di Wisata gorontalo kamu mampu melihat pemandangan indah kota gorontalo dari ketinggian yakni di bukit layang yang dengannya ketinggian kira-kira 700 mdpl. Yang dengannya suasana langit biru beserta awan yng berserakan tentu akan menjadikan suatu pengalaman yng tidak tidak teringat lagi.

2. Tempat Wisata Masjid Walima Emas Gorontalo

Masjid Walima Emas terdapat atau terletak di puncak Desa Wisata Religius Bubohu, Bongo, sekitar 250m dpl, Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo. Masjid ini diresmikan pada tanggal 12-12-2012 pukul 12.12 WITA. Peresmian Masjid WalimaEmas di lakukan yang dengannya sholat bersama, dzikir dan pagelaran budaya Islam. Empat kubah pada setiap sudut masjid terlihat berdiri kokoh yang dengannya warna kuning keemasan, berbentuk walima yng terang serta bersinar disaat menjelang malam.

Tidak cuma itu, Kalender Islam ataupun Kalender Hijriah terbesar di dunia terdapat di Masjid ini. Bersebelahan yang dengannya Masjid, terdapat Kolam Miem, Sebuah kolam yang dengannya air pegunungan alami, yng dingin serta sejuk. Tidak terlalu jauh bagi atau bisa juga dikatakan untuk menuju Desa Wisata Religius Bubohu. Cuma memerlukan waktu sekitar 20 menit yang dengannya mempergunakan kendaraan roda dua ataupun toda empat dari pusat Kota Gorontalo. Sepanjang perjalanan yng berliku, kita akan ditemani pemandangan alam TelukTomini yng indah.

3. Tempat Wisata Pulau Diyonumo Gorontalo

Pulau Diyonumo terletek di Desa Deme 2 Kecamatan Sumalata, Gorontalo Timur. Pulau ini Amat indah serta masih sepi pengunjung. Selain itu bebas sampah serta penat lantaran belum terjamah oleh tidak sedikit orang. Bukit-bukit indah di pulau ini adalah satu dari sekian banyaknya daya tarik dari pulau ini. Sesampai di sini Kamu pastinya tidak akan ketinggalan mengabadikan gambar dari atas bukit yang dengannya latar belakang pulau-pulau serta birunya laut.

Kalau anda berada di Kota Gorontalo, anda mampu mempergunakan kendaraan beroda empat maupun motor ke Sumalata. Cuma menghabiskan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan lalu menyebrang ke pulau ini via Desa Deme 2. Hingga deh. Butuh diingat ya guys, pulau ini masih Amat alami jadi belum ada fasilitas yng cukup, andai tertarik bagi atau bisa juga dikatakan untuk menginap jangan tidak ingat bawa tenda ya. Bawa bekal serta keperluan perjalanan yng lain-lainnya pun yak biar gak baper.

4. Tempat Wisata Desa Wisata Religi Bongo

Desa Bubohu ataupun lebih dikenal yang dengannya Desa Bongo Kecamatan Batudaa Pantai, Kabupaten Gorontalo adalah sebuah desa yng terdapat atau terletak di pesisir teluk tomini. Berbatasan langsung yang dengannya wilayah Kelurahan Tanjung Kramat Kota Gorontalo. Suasana religius, berpadu yang dengannya warna warni kebudayaan, kebersahajaan penduduknya serta suasana alam yng asri terasa begitu kamu mengunjungi desa ini.

Desa wisata Bongo memiliki tidak sedikit nilai sejarah serta adalah satu dari sekian banyaknya tempat wisata yng Amat cocok bagi orang-orang yng berminat mengkaji serta mengetahui lebih dalam mengenai sejarah dari desa ini. Ada tidak sedikit obyek mampu dinikmati di sini, sebut saja pesantren alam yng dirimbuni pepohonan ringan, yang dengannya dua kolam renang berbentuk unik, bernama kolam santri serta kolam asmaul husna, mampu diakses cuma-cuma oleh siapapun.

Pesantren ini dihuni oleh 600 santri yng terdiri dari penduduk setempat, selain agama, pelestarian kebudayaan pun turut diajarkan. Di tempat yng percis, pun terhampar ratusan fosil kayu yng ditata serupa karya instalasi seni, yng dinamakan menjdai museum fosil kayu.

5. Tempat Wisata Pulau Cinta Gorontalo


Tempat wisata Pulau Cinta adalah satu dari sekian banyaknya salah tempat wisata bahari yng menyajikan pemandangan laut lepas yang dengannya sejuta pesona keindahan yng unik serta menarik bagi siapapun yng mengunjungi destinasi wisata di pulau yng satu ini. Pemandangan sebuah pulau kecil berbentuk hati yang dengannya hamparan pasir putih bersih di tengah laut lepas yng dikelilingi penginapan berbentuk resort yng terbuat dari kayu menjadikan daya tarik tersendiri bagi setiap wisatawan yng berkunjung ke Pulau Cinta.

Malah tempat ini menjadi destinasi liburan bagi pengunjung yng akan menghabiskan wkatu liburan bersama pasangannya tercinta. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk menuju Pulau Cinta, para wisatawan bisa mempergunakan perahu nelayan yang dengannya merogoh kantong bagi atau bisa juga dikatakan untuk ongkos Rp 25.000,- / orang yang dengannya waktu tempuh sekitar 30 menit. Asal muasal penyebutan Pulau Cnta di obyek wisata ini, dikarenakan di tengah pulau terdapat balutan pasir putih yng menyerupai hati menjdai simbol cinta.

6. Tempat Wisata Air Terjun Hiyaliyo Da’a Gorontalo

Gorontalo pun tidak kalah yang dengannya Bogor yng memiliki tidak sedikit wisata air terjunya. Yakni air terjun didigga yng berlokasi di Ds Didingga Kec. Biawu, Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo. Wisata ini patut kamu kunjungi lantaran lokasinya yng belum tidak sedikit terjamah oleh wisatawan menjadikan wisata alam yang telah di sebutkan masih terlihat Amat alami.

7. Tempat Wisata Pantai Kurenai Gorontalo

Pantai Kurenai adalah satu dari 20 dive spot yng ada di Gorontalo, salah satunya Olele, Biluhu, serta lain-lainnya. Sekitar 80 % lokasi diving bisa dicapai yang dengannya kendaraan serta tidak jauh dari tepi pantai (shore dive). Eksplorasi lokasi diving di Gorontalo dimulai sekitar tahun 2000.
Dilihat dari aneka macam faktor, lokasi diving disana bisa disebut kelas dunia. Temperatur perairannya relatif Anget serta arusnya tak terlalu kuat.Tipikal karang yng terbentuk pun lengkap variasinya. Mulai dari terumbu karang yng slope, jurang (drop off).

8. Tempat Wisata Pantai Dunu Gorontalo

Pantai Dunu berada di Kabupaten Gorontalo Utara. Pantai ini tak cuma menjadi tujuan destinasi masyarakat Gorontalo Utara bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghabiskan weekend ataupun pun libur panjang malah masyarakat dari luar Gorontalo Utara pun datang kesini. Pantai yang dengannya ombak yng ramah ini Suka dipakai oleh wisatawan bagi atau bisa juga dikatakan untuk berenang, main pasir, bercengkrama yang dengannya keluarga, foto-foto, ataupun sekedar duduk menunggu sunset tiba.

Di Pantai Dunu ini belum ada fasilitas apapun jadi andai ingin berkunjung, anda sebaiknya membawa seluruh keperluan serta bekal dari rumah ya guys. Akses menuju Pantai Dunu gampang. Pantai ini gak jauh kok dari Kota Gorontalo, cuma berjarak sekitar 1,5-2 jam perjalanan. Terdapat atau terletak di Desa Dunu Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara, pantai ini bisa dicapai yang dengannya mempergunakan kendaraan roda dua ataupun pun roda empat.

9. Tempat Wisata Air Terjun Taludaa Gorontalo

Air terjun taludaa mempunyai ketinggian air terjun ini mencapai 42m dan bentangan 15 m menjadikan suatu kejadian alam yng diminati pengunjung. Tak cuma kejadian alamnya saja namun tempat asal flora serta fauna yng ada di sekitar air terjun. Air terjun ini mempunyai air yng segar serta cukup bersih. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk mencari lokasi air terjun taludaa sangatlah gampang lantaran berada dalam wilayah agrowisata.

Untuk menuju kelokasi mampu ditempuh yang dengannya berjalan kaki. Selain itu pemandangan yng dilalui akan membayar rasa lelah pengunjung lantaran pemandangannya indah serta alami. Selain itu air terjun ini terdapat pada tempat agrowisata semisal pohon nangka, durian, langsat, dll. membuat perjalanan pengunjung yng berjalan kaki akan tak terasa lantaran udara yng sejuk.

10. Tempat Wisata Danau Limboto Gorontalo

Danau Limboto adalah objek wiasata berupa danau yng tidak sedikit di kunjungi para turis, baik lokal maupun asing yng terdapat di kabupaten Gorontalo, Sulawasi Tengah. Danau yng mempunyai luas sekitar 3000 hektar ini adalah muara dari Sungai Molalahu, Sungai Daenaa, Sungai Alo serta sungai Bone Bolango. Kini, danau yng dahulunya mempunyai kedalaman sampai-sampai 27 meter, era ini berkurang serta cuma sekitar 8 meter saja.

Danau Limboto mempunyai pesona pemandangan yng menakjubkan, karakter dari danau ini mempunyai permukaan berlumpu, dibagian tengan serta pinggir danau tidak sedikit dijumpai tumbuhan flora air semisal bunga teratai, enceng gondok serta gelagah. Andaikan ingin menikmati pesona danau Limboto ini, akan terasa lebih indah andaikan pada pagi hari maupun di sore hari menjelang matahari terbenam.

Yang dengannya begitu, suasana indah di danau akan terasa lebih menakjubkan. Di Danau Limboto, Kamu bisa merasakan serta menikmati udara segar serta tentu saja airnya yng jernih yang dengannya ditumbuhi aneka tumbuhan hijau yng begitu eksostis, menjadikan Kamu terasa betah berada di danau ini.

11. Tempat Wisata Taman Wisata Laut Olele Gorontalo

Tempat Wisata taman laut yng berada di Gorontalo ini bernama Taman Laut Olele, keindahan bawah laut yng tersaji telah tidak sedikit berusaha mendatangkan rasa ingin tahu para penyelam. Ciri khas biota lautnya menjadikan lokasi ini memberikan kesan spesial bagi orang-orang yng bersnokerling.
Taman Laut Olele adalah sebuah spot indah bagi orang-orang pecinta kegiatan menyelam serta aktivitas bawah laut. Bagi Kamu yng belum menguasai teknik menyelam, tak usah cemas karena Kamu tetap mampu melakukan snokerling di areall yng dangkal, meskipun demikian keindahan termbu karang macam-macam warna tetap mampu Kamu jumpai.

Secara biasanya ada beberapa lokasi andalan yng berada di Taman Laut Olele yakni Goa Jin, Coral Pole serta Salvador Dali. Goa Jin mempunyai gerbang masuk vertical tegak ke bawah yng berkedalaman sampai-sampai 22 meter serta menympan keindahan yng sulit terlukiskan.

12. Tempat Wisata Pulau Saronde Gorontalo

Pulau Saronde adalah sebuah pulau kecil yng terdapat atau terletak 65 kilometer dari pusat Kota Gorontalo tepatnya di Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalu Utara. Pulau yng cuma mempunyai luas mencapai 1 Kilometer ini dikelilingi oleh keindahan yng Amat mengagumkan yaitu pasir putih, batu karang serta hamparan air laut biru indah yng tenang. Pulau ini dikenal menjdai lokasi yng tenang serta indah, beragam fasilitas pun telah tidak sedikit tersedia.

Menjadikan lokasi ini cukup tepat bagi atau bisa juga dikatakan untuk dijadikan lokasi liburan serta wisata bagi kamu beserta keluarga. Dari aneka macam kegiatan yng mampu kamu lakukan, snorkeling serta diving tetap menjadi rencana utama yng telah menjadi hal wajib serta bagian tak terpisahkan dari wisata di Saronde. Keindahan taman bawah laut yng menyimpan beragam terumbu karang terasa Amat sulit andai cuma didengarkan melalui cerita saja, Perlu kamu sendiri yng menyaksikan serta merasakan pengalaman itu sendiri.

13. Tempat Wisata Pantai Mananggu Gorontalo

Tempat wisata pantai yng yang terakhir merupakan Pantai mananggu yng berlokasi di Boalemo, Gorontalo. Karakteristik panati ini hampir percis yang dengannya pantai di pacitan yang dengannya karakter terdapat tidak sedikit batu karang yng ada di pantai. Nah ini cocok buat kamu yng ingin menikmati suasana alam pantai yng indah bagi atau bisa juga dikatakan untuk meghilangkan rasa penat ataupun bosan sehabis bekerja.

14. Tempat Wisata Air Terjun Tenilo Gorontalo

Air Terjun Tenilo adalah satu dari sekian banyaknya destinasi wisata Gorontalo yng indah serta memikat hati. Air Terjun Tenilo berada di Boalemo Gorontalo serta keindahan alam air terjun ini masih terjaga serta alami dari kerusakan yng penyebabnya yaitu atas tangan-tangan jail kita-kita. Air Terjun Tenilo ini cuma setinggi sekitar 20-25 meter, era hujan debit airnya lumayan tidak sedikit namun tidak sedikit lumpurnya.

Selain mengunjungi serta mandi di air terjun ini kamu pun patut bagi atau bisa juga dikatakan untuk mengelilingi desa serta jangan tidak ingat bagi atau bisa juga dikatakan untuk meluangkan waktu bagi atau bisa juga dikatakan untuk ngobrol yang dengannya masyarakat setempat sambil menyeruput kopi, dijamin akan menjadi perjalanan yng memberikan kesan pun, Datang serta nikmatilah keindahan dari destinasi wisata ini bersama seluruh keluarga.

15. Tempat Wisata Pantai Tenilo Gorontalo

Nah Tempat wisata Pantai yng yang terakhir yakni pantai tenilo, pantai ini berlokasi di Boalemo Gorontalo. karakter pantai ini mirip yang dengannya pantai pantai yng ada di bali yang dengannya air pantai dangkal yng luas. nah ini cocok buat mengabadikan foto kamu di pantai ini bersama keluarga maupun sahabat kamu, dijamin kamu betah deh andai berkunjung ke pantai Tenilo ini yng ada di Gorontalo.

16. Tempat Wisata Pantai Bolihutuo Gorontalo

Pantai Bolihutuo adalah satu dari sekian banyaknya obyek wisata pengganti bagi atau bisa juga dikatakan untuk menghabiskan akhir pekan. Pantai ini berada di Kelurahan Bolihutuo, Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo, Propinsi Sulawesi Utara. Dari Kota Gorontalo berjarak sekitar 130 km. Keindahan Pantai Bolihutuo menyerupai hamparai mutiara di pesisir Teluk Tomini. Hamparan pasir putihnya dipadu yang dengannya gulungan ombak yng berkejaran terlihat memutih menghiasi lautnya yng biru akan memanjakan mata kamu bagi atau bisa juga dikatakan untuk menikmati keindahan pantai ini.

Di tempat pinggir pantai terdapat pohon-pohon pinus yng menjulang tinggi serta rindang, makin menambah sejuknya suasana. Tersedia perahu bagi atau bisa juga dikatakan untuk disewa bagi yng ingin melihat berkeliling pantai. Tarif sewa perahu Rp. 3.000 per 10 menit. Selain perahu, tersedia juga sepeda air, kapal motor, alat diving serta sejumlah fasilitas lain yng disewakan bagi para pengunjung di Pantai Bolihutuo. Di pinggir pantai terdapat saung serta gazebo yng bisa kamu genakan bagi atau bisa juga dikatakan untuk bersantai serta beristirahat.

Sarana serta prasarana lain-lainnya pun pun sudah tersedia di sini semisal : rumah makan, cottage serta pusat berita wisata. Andai ingin bermalam di pantai ini kamu mampu menyewa cottage yang dengannya tarif mulai dari Rp. 150.000 per malam. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk bisa masuk ke tempat Pantai Balihutuo, pengunjung dikenakan tiket seharga Rp. 3.000 per orang.

17. Tempat Wisata Desa Suku Bajo Gorontalo

Desa Torosiaje adalah nama kampung eksotis yng dihuni oleh suku bajo yng terdapat atau terletak di Kecamatan Popayato, Kabupaten Pohuwato berjarak tujuh jam perjalanan ke arah barat dari Kota Gorontalo. Berlibur di desa ini adalah satu dari sekian banyaknya pengalaman bernilai bagi siapa saja yng merasakannya.

Ke hidup-an masyarakat Bajo yng bersahaja serta keindahan dan kekayaan laut teluk tomini akan membuat Kamu betah berlama-lama di desa ini. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk fasilitas serta Akomodasi desa ini Kamu tidak butuh khawatir, lantaran dinas pariwisata setempat sudah menyiapkan penginapan yang dengannya biaya Rp100.000, permalam. Kampung ini adalah kampung yng indah serta benar-benar layak anda kunjungi.

18. Tempat Wisata Teluk Tomini Gorontalo

Teluk Tomini adalah satu dari sekian banyaknya hamparan pulau-pulau indah serta menakjubkan berada Amat dekat yang dengannya kota Gorontalo. Meskipun bukan salah satunya wilayah administratif propinsi Gorontalo, Teluk Tomini Amat dekat dari kota Gorontalo cuma menyeberang mempergunakan ferry yang dengannya waktu tempuh sekitar 15-20 menit yang dengannya biaya Rp89.000,- hingga yang dengannya Rp100.000.

Tidak sedikit wisatawan yng berdecak kagum serta menjuluki Tomini menjdai surga kecil nan indah. Bagi para penyelam karang serta keajaiban bawah laut Tomini adalah surga bagi orang-orang. Tidak heran tidak sedikit wisatawan datang ke Tomini bagi atau bisa juga dikatakan untuk menikmati keajaiban bawah lautnya.

19. Tempat Wisata Benteng Otanaha Gorontalo

Benteng Otanaha adalah satu dari sekian banyaknya benteng tua yng amat bersejarah yng terdapat atau terletak di atas perbukitan Kelurahan Dembe I, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo yng didirikan oleh Portugis pada tahun 1522. Bagi atau bisa juga dikatakan untuk hingga ke lokasi Benteng Otanaha, pengunjung Perlu mendaki yang dengannya melewati 4 buah tempat persinggahan serta 348 buah anak tangga.

Disaat hingga di puncak, rasa lelah Kamu terbayar yang dengannya keindahanan benteng, keindahan Danau Limboto, sawah-sawah yng terbentang luas serta hijau, dan keindahan Kota Gorontalo. Di sekitar Benteng Otanaha ini tak tersedia akomodasi.

Lantaran benteng ini letaknya tak terlalu jauh dari kota Gorontalo maka para penelusur mampu memperoleh akomodasi dari Gorontalo yng salah satunya penginapan simpel hingga berbintang. Harga bergantung dari fasilitas yng akan para penelusur dapatkan. Harga tiket masuk ke Benteng Otanaha Rp3.000/orang serta pun sekalian tiket bagi atau bisa juga dikatakan untuk parkir kendaraan.

20. Tempat Wisata Pantai Pasir Putih Leato

Tempat wisata di kota Gorontalo selanjutnya yng layak kamu kunjungi bersama keluarga merupakan Pantai Putih Leato yng terdapat atau terletak di Gorontalo, tepatnya di Leato Utara, sekitar 12 km dari pusat kota Gorontalo. Bagi kamu yng menginginkan tempat wisata yang dengannya keadaan tenang, pantai ini layak dikunjungi. Bagaimana tak, pantai Putih Leato menghadirkan suasana pantai yng Amat indah.

Yang dengannya hamparan pasir putih meluas disertai yang dengannya ombak yng tenang, dan suasana pantai yng sepi. Amat cocok menjdai tempat relaxasi melepas rasa penat kamu yng menumpuk. Objek wisata Gorontalo ini bisa juga bersantai bersama keluarga kamu di sini ataupun bermain air di pinggir pantai bersama anak lantaran suasana ombak tenang tak rawan bagi anak-anak