Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bali Bird Park : Tempat Wisata Kebun Binatang Taman Burung Bali

bali-bird-park-tempat-wisata-kebun-binatang-taman-burung-bali
Bali Bird Park : Tempat Wisata Kebun Binatang Taman Burung Bali - Satu lagi hiburan bila berkunjung ke bali. Keindahan aneka burung dari berbagai penjuru dunia ddapat dinikmati di sebuah taman seluas dua hektare. cocok untuk menambah wawasan tentang satwa bagus seisi keluarga.

Bali sebagai daerah tujuan objek wisata yang populer, memang menyediakan secara lengkap objek yang dapat memuaskan wisatawan.

Salah satu di antaranya adalah kebun binatang taman burung bali ( bali bird park ). Dengan lokasi yang relatif mudah di jangkau dari kuta , sanur , denpasar, maupun dari nusa dua , hampir tak ada alalsan bagi anda untuk tidak mengunjunginya.berbeda dengn taman burung yang ada di tman mini indonesia indah (TMII) taman burung bali(TMB) ini lebih luas dan lengkap, yaitu sekitar dua hektare.jumlah koleksi burungnya mencapai 1000 an ekor dari sekitar 200 spesies yang berbeda, dengan lingkungan yang bersih, sejuk, indah dan romantis. Taman ini bahkan lebih menarik daripada yang ada di singapura.

Taman yang terletak di daerah singapadu ini dibangun pada 1995. Pembangunan taman ini tak lain merupakan perwujudan impian darisang kreator, edi swoboda yang sekaligus bertindak sebagai perancang.

Taman ini di buat berkelompok sedemikian rupa, sesuai asal negara dan daerah. Setiap jenis burung diusahakan seperti berada di habitat aslinya.

Hasil rancangan edi itu bisa kita lihat mulai dari gerbang masuk hingga pintu keuar. Begitu memasuki areal taman burung, keteduhan dari pohon-pohon daerah tropis yang berjajr di sepanjang jalan setapak mengitari taman bisa kita rasakan.


Sekitar 300 pohon eksotis itu, beberapa di antaranya sudah jarang ditemui dan sulit untuk dikembangbiakkan, menambah kenyamanan saat melihat burung-burung yang beraneka ragam.

Burung tangkaran

Pada bagian perawatan yang terletak di sisi depan taman, kita dapat melihat beberapa telur atau bayi burung yang baru menetas. Saat senior berkunjung , di tempat itu terdapat bayi burung kaktua, nuri celoteh, dan betet kongo abu-abu.

Semua bayi burung itu dalam keadaan sehat dan perkembangannya pun normal. Makskud penetasan di dalam ruang perawatan tidak lain untuk mengurangi stres induk burung. Dan dengan cara ini pula, akan dihasilkan burung-burung jinak.

Kebanyakan burung yang berada di dalam taman ini adalah hasil perawatan dari staf ahli taman tersebut.

Sejak dibuka, taman burung ini telah menangkarkan lebih dari 150 ekor burung. Termasuk di antaranya adalah enam ekor burung jalak bali yang keberadaannya di alam bebas sudah sangat langka, yaitu hanya sekitar 20 ekor saja.

Sebagai catatan, burung jalak bali yang terdapat di taman burung ini awalmulanya adalah pemberian pasangan anisa dan gilang waworuntu, suami istri pecinta satwa langka.

Kaos dan foto bersama burung

Salah satu daya tarik taman burung bali yang segera membuat pengunjung jatuh cinta adalah di bagian depan taman itu segera terlihat burung-burung besar jinak berwarna warni yang dibiarkan lepas. Tujuannya tak lain supaya pengunjung bisa bercengkerama langsung dengan mereka. Burung-burung itu bisa diminta untuk bertengger di pundak atau di tangan kita saat berfoto. Kalau mau, foto anda bersama burung itu bisa langsung di cetak di selembar kaos.

Untuk berwisata di taman ini tidak sulit. Dihampir setiap hotel terdapat paket perjalanan ke taman tersebut.

Kalau anda tidak ingin ikut dalam paket perjalanan, bisa saja menyewa mobil atau menggunakan taksi untuk sampai kesana. Perjalanannya tidak terlalu jauh .sekitar 45 menit dari kuta.itu kalau di wilayah denpasar tidak terlalu macet.

Serasa dibelantara

Menikmati burung di taman ini sangat menyenangkan. Selain lingkungan dan suasananya yang memang menyenangkan, kita juga bisa mengetahui sejarah singkat tiap jenis burung tersebut. Misalnya nama latinnya , penyebarannya, jenis makanan, habitat, serta cara pembiakannya.

Informsi itu bisa kita baca dalam empat bahasa, yaitu indonesia, inggris, jepang, dan mandarin. Kalau malas membaca sendiri, kita bisa menyewa pemandu yang ada di taman burung untuk memberi penjelasan lengkap; pengunjung taman dipandu dengan tanda tanda arah, sehingga bisa mengililingi taman tanpa melewatkan satu sisi pun.


Tidak semua burung berada di dalam sangkar karena ada yang sengaja dilepas diareal taman, sehingga para pengunjung bisa mengambil gambar, atau sekedar melihat keindahannya saja. Ada juga yang dilepas dalam taman yang luas dengan pepohonan yan grindang.

Di atas pohon dipasang jaring besat, agar burung tidak terbang ke luar taman. Ada juga yan gbisa di sekitar kolam, sehingga kita bisa menyaksikan burung-burung itu mandi dan berenang.

Kita juga bisa mnyaksikan burung flaminggo yang sedang berjemur di bawah sengatan matahari pagi di tengah kolam. Dengan melipat satu kakinya, flaminggo tahan berdiri berjam-jam lamanya.

Namun, anda dilarang memberinya makan.hal ini dimaksudkan supaya bekas makanan tidak mengotori areal taman, dan pengunjung tidak memberi makanan yang salah.

Di kawasan bird of africa misalnya, kita bisa melihat sangkar-sangkar burung berukuran besar. Disisi ini kita bisa melihat burung maccau dengan beragam warna. Ada yan gberwarna hijau , biru, dan bahkan keemasan.

Memasuki kawasan rain forest habitat, alias habitat burung yang berada di daerah hutan, kita akan merasakan seperti berada di tengah hutan belantara. Kicauan burung yang terdengar dari segala arah dan keberadaan jembatan gantung yang artistik di tengah” hutan” itu akan membuat anda enggan beranjak.

Istirahat digubuk

Dengan jenis dan jumlah burung yang begitu banyak, kita bisa menghabiskan waktu hingga setengah hari di taman ini, jika ingin betul-betul menikmatinya. Tidak seperti di taman-taman lain, di sini ada banyak tempat bagi pengunjung untuk beristirahat bila kelelahan.

Pengunjung bisa duduk-duduk di bale-bale gubuk di sudut-sudut taman sambil memandangi kehidupan burung-burung itu dan menikmati kerindangan pohon.

Kalau kemudian perut anda sudah berisik minta diisi, ada kafe kecil yang menjual minuman dan makanan kecil. Takjauh dari situ, sebelum sampai pintu keluar, ada restoran bagus yang bisa disinggahi. Di situ juga terdapat toko suvenir yang berkaitan dengan burung.

Baca Juga Agrowisata Lainnya

Bali bird park : tempat wisata kebun binatang taman burung bali
Taman Wisata Kebun Raya Cibodas Cianjur Jawa Barat
Wisata Pabrik Jamu Agrowisata Sido Muncul Semarang 
Wisata kebun binatang safari zoo park bali Denpasar
Agrowisata kebun sayuran organik agatho cisarua bogor
Agrowisata kebun tanaman obat leuwiliang karyasari bogor
Wisata kebun sayuran natural farmhouse lembang bandung
Agrowisata kebun teh tambi wonosobo jawa tengah
Agrowisata kebun salak pondoh turi sleman yogyakarta
Agrowisata Kebun Strawberry Petik Sendiri di Lembang Bandung Jawa Barat